Jumat, 22 Juli 2016

Branding Solok Selatan Diminati Bupati Muzni Zakaria - by Sumbar Satu




 Masrizal Umar mempresentasekan digital marketing and branding
Padang Aro, sumbarsatu.com – Internet tak hanya sekadar dunia maya dalam pengertian sempit. Banyak hal yang dapat diperbuat dengan mengenali, memahami dan menguasai kecanggihan teknologi yang satu ini. Dunia pun bahkan bisa berada dalam genggaman.
Motivator, Mentor plus Trainer Teknologi Informasi Prof Masrizal Umar mengungkapkan hal itu dalam sesi Pengenalan Digital Marketing and Branding serta How to Utilize Internet for Knowledge Management and Improving Skill and Competencies di Aula Kantor Bupati Solok Selatan – Padang Aro, Rabu (8/6/2016).
Kegiatan itu terkesan sangat istimewa lantaran jadi perhatian khusus Bupati  Ir H Muzni Zakaria MEng. Tak hanya sekadar membuka secara resmi, Muzni malah mengikuti dan menyimak presentasi Masrizal dari awal – jam 10.25 – hingga berakhir jam 15.40 karena listrik mati. Bahkan, Muzni juga yang menandatangi undangan kepada Sekretaris Daerah,  Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan semua camat.
Alhasil, ruangan pertemuan bernama Sarantau Sasurambi itu penuh sesak oleh sekitar 60 peserta. Mereka tampak mengikuti secara antusias. Beberapa di antaranya bertanya untuk mempertajam pemahaman tentang materi yang disajikan presenter.
Masrizal memaparkan, branding merupakan upaya sungguh-sungguh membangun image / gambaran atau persepsi banyak orang tentang seseorang atau sesuatu. Branding Solok Selatan melalui digital marketingberarti menciptakan beragam jenis kreasi melalui internet tentang daerah pemekaran dari Kabupaten Solok tahun 2003 itu.
Presentasi break setengah pukul, 12.30 – 13.03, untuk menunaikan salat Zuhur berjamaah dan mendengarkan tausiyah yang disampaikan Ustadz Zulkifli SAg MAg. Shalat xdan tausiyah berlangsung di musala kantor bupati yang dapat memuat sekitar 200 jamaah.
Kembali ke Aula Sarantau Sasurambi, Masrizal melanjutkan pemaparannya. Bupai Muzni pun kembali ikut jadi peserta aktif.  Masrizal mempresentasikan Chanel Solok Selatan pada google. Tak ayal, para peserta tampak melongo dan terkagum-kagum. Bahkan ada yang bertanya bagaimana cara membuat dan mengembangkan channel tersebut.
Tak hanya mengupas hal-hal teknis tentang teknologi informasi secara komplit, putra Sintuak – Kabupaten Padang Pariaman – ini juga mengupas perilaku aparatur penyelenggara pemerintahan terkait sikap perilaku (attitude), skill dan integritas yang bermuara pada komptensi. Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) 1994 ini bahkan mengungkapkan sejumlah penyimpangan kepala daerah.
Menjawab pertanyaan wartawan sumbarsatu.com, Bupati Muzni menyatakan sangat terinspirasi atas presentasi Masrizal. Ia menegaskan segera membentuk tim kreatif dan tim kerja guna mem-branding Solok Selatan melalui digital marketing.
“Daerah kami sangat kaya dengan keindahan alam dan keberagaman budaya. Ikon kami Saribu Rumah Gadang. Kami yakin Solok Selatan akan sangat memikat calon investor dan wisatawan mancanegara. Semua itu membutuhkan kesungguhan kami mem-branding daerah ini,” ujarnya.
Kabupaten Solok Selatan, kata Muzni, berpenduduk sekitar 195 ribu jiwa. Mereka tersebar pada 39 nagari / desa dengan tujuh kecamatan. Daerah berhawa sejuk ini berbatasan dengan Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. (ZAK) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar